Apa itu Chatbot Facebook Messenger? Nah, jika Anda pernah berada di semacam situs kencan, Anda pasti pernah menemukan chatbot ... Mungkin Anda bahkan mulai mengirim pesan - apa yang Anda pikir - gadis seksi ... hanya untuk menemukan "dia" adalah robot komputer setelah beberapa pertanyaan? Mungkin chatbot yang kamu ajak bicara begitu menawan sampai kamu jatuh cinta? Dengar, meskipun itu tidak mungkin, dan hanya terjadi di film seperti Dia (dengan skenario bagus dari Joaquin Phoenix saya dapat menambahkan)… Chatbots bisa sangat berguna jika digunakan dengan cara yang benar. Tapi bagaimana cara yang benar?
Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang bot dan bagaimana mereka dapat digunakan dengan cara yang benar. Anda juga akan mendapatkan kesadaran tentang banyak cara bot dapat membantu bisnis Anda berkembang.
Pengantar Menggunakan Chatbots dengan Cara yang Benar.
Meskipun bot situs kencan bukanlah analogi terbaik di sini, begitulah cara kebanyakan orang menjadi akrab dengan chatbots. Dan sejujurnya, untuk apa Anda akan menggunakan chatbot sama sekali berbeda; ini bukanlah perbandingan yang benar-benar adil. Ada banyak faktor yang terlibat ketika Anda mulai berpikir tentang apa itu FB Messenger Chatbot. Bot Messenger mulai mendapatkan reputasi buruk di antara orang-orang karena sebagian besar pemasar salah menggunakannya.
Pemasaran Chatbot vs. Pemasaran Email
Banyak pengusaha menjadi terbiasa dengan pemasaran email… sehingga mereka memperlakukan bot messenger dengan cara yang sama. Ini menjadi masalah karena mereka memiliki jenis saluran komunikasi yang berbeda. Setiap interaksi di Messenger singkat dan cepat (karenanya "pesan instan"). Sedangkan dengan email marketing, kontennya ditarik keluar dan bisa lebih detail. Praktik lain untuk menahan diri dalam pemasaran chatbot adalah melakukan spamming pada pelanggan Anda. Kebanyakan orang sudah terbiasa menerima spam melalui akun email mereka secara teratur.
Mungkin ini kasus dari open rate yang terus turun dan CTR yang turun? Yang saya tahu adalah bahwa tidak demikian halnya dengan Chatbots Facebook Messenger. Ini adalah cara yang sangat pribadi untuk berhubungan dengan seseorang… karena pada dasarnya Anda mengirim pesan kepada mereka secara langsung, bukan? Lebih dari satu pesan instan setiap hari kemungkinan akan membuat orang kesal. Dan hal ini dapat mengakibatkan mereka memilih untuk berhenti berlangganan. Sekarang, Facebook mempersulit untuk tidak melakukan spam dengan kebijakan baru mereka.
Hal-Hal Ekstra yang Harus Dihindari dengan Chatbots Facebook Messenger
Masih banyak lagi dosa utama di arena chatbot Messenger juga. Meskipun Facebook Messenger Chatbot sangat baik dalam menyiarkan konten secara efisien ... Anda tidak boleh meledakkan konten yang tidak relevan atau, seperti yang dinyatakan sebelumnya, mengirim spam ke orang-orang sampai mati. Jika seseorang belum menunjukkan minat pada sesuatu… jangan pasarkan bisnis Anda kepada mereka di Messenger. Bangun hubungan dulu. Bot Anda dapat melakukannya untuk Anda. Namun, perlu diingat, Anda harus tetap fokus pada semua maksud otomatisasi messenger Anda. Siapkan cetak biru agar Anda memahami skenario dan pesan apa yang sedang dikirim.
Begini, saya tahu… Banyak hal negatif untuk dipertimbangkan begitu saja. Tapi itu kebenaran yang keras dan dingin. Chatbots, secara umum, mendapat reputasi yang buruk. Karena terlalu banyak pemasar yang menggunakannya dengan cara yang kontraproduktif. Sekarang, Facebook jelas telah melihat ini juga. Dan itulah mengapa Facebook memberlakukan Kebijakan , dengan harapan mengembalikan kualitasnya. Dan menjadi bagian dari perangkat lunak chatbot Messenger… Kami dapat melihatnya memiliki efek positif! Sekarang, Anda hanya dapat menggunakan bot untuk apa yang dirancang untuk dilakukan… dan bot tersebut secara otomatis membantu mengembangkan bisnis Anda.
Mungkin saya bias, tapi Facebook Messenger Chatbots luar biasa, saya janji! Sekarang, di akhir artikel ini, saya akan memberi Anda 2 tip chatbot messenger teratas saya.
Apa itu Chatbot Facebook Messenger?
Jika bisnis Anda memiliki halaman penggemar atau situs web, Anda tahu orang-orang dapat menemukan Anda dan mengajukan pertanyaan, bukan? Mereka biasanya menanyakan tentang produk atau layanan Anda. Dan, idealnya, Anda harus memberikan layanan pelanggan yang sangat baik… dan tentu saja, tanggapi secepat mungkin.
Sekarang, tanpa alat yang dapat diandalkan untuk membantu Anda, mengikutinya bisa jadi cukup menantang. Dan terus terang… Cukup mahal! Maksud saya, memiliki banyak orang yang bekerja untuk Anda pada jam-jam ini… mencakup semua zona waktu? Maka, bersiaplah untuk mengeluarkan banyak uang agar berhasil.
Anda mungkin memperhatikan ini juga. Lihat, sangat mungkin Anda melihat pertanyaan yang sama dari pelanggan yang berbeda… ditanyakan berulang kali, dari waktu ke waktu, dari waktu ke waktu lagi. Ini akan membosankan bagi staf dukungan pelanggan Anda. Dan itu hanya masalah waktu mereka kehilangan energi yang Anda ingin mereka pancarkan untuk merek Anda. Dan, karena Anda sangat sibuk dengan operasi sehari-hari, Anda tidak dapat segera menanggapi pertanyaan ini.
Sederhananya. Semua ini tidak efisien. Solusinya? Anda dapat meminta bot FB Messenger menjawab seperti 80% dari pertanyaan yang diajukan pelanggan. Kemudian minta meja dukungan Anda berbicara dengan 20% lainnya dengan perhatian ekstra. Anda pada dasarnya mengalihkan tugas-tugas ini ke bot otomatis yang berfungsi 24/7 untuk Anda. Alih-alih menerima permintaan dukungan yang tak terhitung jumlahnya dengan pertanyaan yang sama… Anda sekarang memiliki pelanggan yang berurusan dengan bot otomatis.
Dan apakah orang-orang peduli? Ya, mereka tidak. Bukan untuk pertanyaan sederhana ini, seperti: "berapa harganya?", Atau "berapa jam buka Anda?" Karena orang hidup dalam masyarakat atas permintaan hari ini… dan mereka ingin jawaban atas pertanyaan sederhana secara instan.
Nah, apakah ini yang dimaksud dengan bot Facebook Messenger? Tidak juga. Ini adalah salah satu cara utama bot Messenger dapat membantu bisnis Anda. Anda sebenarnya dapat melakukan hal-hal yang lebih keren dengan bot. Kami memasukkannya ke dalam artikel tentang 6 pilar yang harus dimiliki chatbot Facebook Messenger .
Apakah Chatbot Facebook Messenger Perlu Coding?
Chatbot messenger yang dibuat dengan Clever Messenger… Ini adalah bot yang dibuat tanpa coding. Bot seperti ini dapat membalas FAQ, memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas yang lebih penting. Seorang chatbot juga dapat menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan ini dengan lebih efisien. Alih-alih berinteraksi dengan satu pelanggan pada satu waktu, bot dapat membalas banyak orang sekaligus. Asisten otomatis akan mengirim pesan khusus dan saran unik tanpa masalah apa pun. Sama seperti cara Anda berinteraksi dengan teman dan keluarga, bot akan mengirim pesan teks dan emoji. Bot dapat mengirimkan gambar, video, dan klip audio ke pelanggan. Bot Anda juga dapat menampilkan carousel, daftar, multimedia, dan tombol yang dapat diklik pelanggan. Facebook Messenger Chatbot adalah program otomatis yang berinteraksi dengan pengguna.
Chatbot messenger Anda memberi pengguna tersebut informasi yang relevan. Informasi, seperti pembaruan, dan berita yang berkaitan dengan bisnis Anda. Ini semua terjadi tepat di dalam Facebook Messenger. Kebanyakan bot digerakkan oleh aturan tertentu, dan, terkadang, AI
Bisakah Saya Menggunakan Chatbot Facebook Saya sebagai Pemasaran Email 2.0?
Anda pasti bisa mencobanya. Tapi, seperti yang disebutkan dalam pendahuluan artikel ini, Anda akan membuat diri Anda kecewa. Dan sayangnya, begitulah pandangan banyak pemilik bisnis Facebook Messenger Chatbot… yang memalukan. Lihat, perspektifnya umum karena bot dapat membuat daftar pelanggan seperti dalam pemasaran email. Setelah itu, Anda dapat mengirim siaran ke orang-orang di daftar Anda. Siaran ini dapat mencakup penawaran, pembaruan, promosi, dan lainnya.
Perhatikan bahwa Facebook memang memiliki kebijakannya (ditautkan sebelumnya di artikel ini). Ini pada dasarnya berarti Anda hanya dapat mengirim konten promosi jika orang-orang di daftar Anda aktif dalam 24 jam terakhir… Dan untuk membuat mereka terlibat dalam jendela 24 jam lagi, cukup kirimkan sesuatu yang berharga terlebih dahulu. Sederhana!
(BTW - ini tidak berarti email atau bot sudah mati ... Kami merasa mereka harus saling melengkapi. Lihat perbandingan Email vs. Messenger di sini )
Sekarang, alih-alih orang mendapatkan email, mereka menerima pemberitahuan di FB dan Messenger.
Selain itu, yang harus Anda pahami adalah bot lebih seperti pemasaran bentuk pendek. Ini berarti konten yang Anda ledakkan harus dikompresi. Lurus. Untuk. Itu. Poin… Jangan mengirim orang melalui pesan penjualan sepuluh halaman di Messenger! Ini karena ini bukan media yang tepat… Dan jika Anda melakukannya, saya berjanji kepada Anda bahwa mereka tidak memiliki kesabaran untuk membaca semuanya dalam obrolan. Semuanya perlu Whim-bang-boom.
Manfaat dari Facebook Messenger Chatbot
Dengan demikian… Facebook Messenger Chatbot memang berbagi banyak kesamaan dengan alat yang mungkin sudah Anda gunakan. Aplikasi seluler, misalnya, mudah diakses di perangkat seluler, seperti bot messenger. Bot terutama seperti fitur obrolan langsung karena keduanya terjadi pada platform seperti messenger.
Selain mengirim pesan, bot Anda dapat mendidik pelanggan tentang produk dan layanan Anda. Dengan begitu, Facebook Messenger Chatbot Anda juga berfungsi seperti situs web Anda. Anda juga dapat mengirim data yang dikumpulkan oleh bot Anda ke semua alat ini. Chatbot dapat melayani tujuan yang sama dengan saluran pemasaran tertentu lainnya.
Bisakah Saya Mengganti Layanan Pelanggan Manusia dengan Chatbot?
Tidak seluruhnya, tidak. Bukan ide yang bagus untuk menggunakan chatbot Messenger untuk menggantikan alat pemasaran inti Anda. Kecuali itu jenis chatbot lain (seperti WhatsApp atau Kik), Anda harus menambahkannya ke daftar. Jika, karena alasan tertentu, Anda menggunakan chatbots di platform tersebut, segera ganti dengan chatbots Messenger! Facebook Messenger Chatbot akan meledakkan hasil apa pun yang didaftarkan oleh bot tersebut.
Facebook Messenger memiliki lebih dari 1,3 miliar pengguna aktif. Pelanggan dan bisnis mengirim lebih dari 8 miliar pesan per bulan di Messenger. Statistik ini akan dengan cepat membuat aplikasi perpesanan lain menjadi malu. Tidak ada platform yang lebih baik dan lebih cerdas daripada Facebook Messenger untuk menginstal chatbots.
Banyak pemasar bertanya-tanya apakah chatbots adalah mode yang akan segera hilang. Dengan begitu banyak perusahaan besar yang menggunakan Facebook Messenger Chatbot, mereka tidak akan terganggu dalam waktu dekat. Anda akan memanfaatkan alat yang sama yang digunakan Nike, Uber, eBay, Yahoo, PayPal, CNN, dan StubHub.
Seinovatif mungkin perangkat lunak pemasaran, pemasaran digital Anda masih membutuhkan elemen layanan pelanggan manusia. Untuk situasi yang lebih kompleks dan membutuhkan perhatian khusus, orang sungguhan harus turun tangan. Anda harus melihat Chatbots Facebook Messenger sebagai cara baru untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Anda seharusnya tidak mengharapkannya menjalankan bisnis Anda sepenuhnya untuk Anda.
Apakah Messenger Chatbot's Smart?
Jika Anda mengharapkan messenger chatbot menjalankan bisnis Anda sepenuhnya atas nama Anda, itu akan mengecewakan. Ketika Anda mendapatkan bot Anda, itu sama sekali tidak penting. Bahasa yang Anda dan saya alami tidak begitu cocok dengan bot.
Yang saya maksud dengan itu adalah kemampuan chatbot untuk memahami cara orang biasanya mengirim pesan teks tidaklah sempurna. Frustrasi yang terjadi dengan Alexa atau Hey Google akan hadir di bot juga. Beberapa orang membuat kesalahan dengan menganggap bot akan memahami kalimat lengkap. Sembilan dari sepuluh, mereka tidak bisa.
Meskipun bot messenger Anda tidak memerlukan pengkodean yang rumit, tanpa ini, bot tidak dapat menjawab setiap pertanyaan. Cara terbaik untuk menggunakan bot adalah dengan menjawab FAQ dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan melakukan ini, ini akan menghemat waktu Anda yang berharga dan berfungsi sebagai sarana dukungan pelanggan yang diperlukan 24/7.
Bagaimana Cara Kerja Chatbot Facebook Messenger?
Anda mungkin bertanya pada diri sendiri apakah bot tidak didorong oleh AI, dan mereka bodoh, bagaimana cara kerjanya? Jika seseorang berjalan dan bertanya kepada saya, apa itu Facebook Messenger Chatbot ?, saya harus menjelaskan cara kerjanya. Ada satu persyaratan awal untuk menjalankan bot Facebook Messenger. Dan itu adalah Anda harus menghubungkannya ke halaman penggemar Facebook perusahaan. Anda tidak dapat menginstal bot messenger di grup Facebook, atau ke profil Anda.
Chatbots beroperasi paling baik ketika mereka memiliki aturan untuk diikuti. Dan bot Facebook Messenger adalah aliran berkelanjutan dari aturan yang telah ditentukan sebelumnya yang mendikte aliran komunikasi. Idealnya, yang harus Anda lakukan adalah membuat aturan dan skrip ini semua skenario yang memungkinkan. Skenario harus membuat pengalaman interaktif untuk setiap pelanggan.
Meskipun mereka berkomunikasi dengan chatbot, percakapan itu tidak boleh membosankan dan membosankan. Bot harus menyenangkan dan bermanfaat sehingga pelanggan merasa seperti terhubung dengan orang sungguhan. Anda dapat menciptakan lingkungan ini dengan memberikan kendali kepada pelanggan. Biarkan pelanggan Anda memilih perjalanan mereka.
YAITU, jika pelanggan mengetik, "Apakah Anda buka besok?" Kemudian bot Anda dapat berkata, "Ya! Kami buka dari jam 8-18 malam ”. Selain itu, jika pengguna mengetik "Hai !, Anda dapat meminta bot membalas," Selamat datang kembali! " atau, "Senang bertemu denganmu!". Chatbot akan menentukan balasan mana yang akan digunakan berdasarkan apakah pengguna adalah pelanggan baru atau bukan.
Di dalam Messenger, pengguna juga dapat menekan tombol untuk mendapatkan informasi berharga terkait bisnis Anda. Seperti galeri, tampilan postingan blog, atau tutorial gratis. Anda juga dapat mengajari bot Anda untuk mengingat detail berbeda yang dikirimkan oleh setiap pelanggan.
Buka Tarif dan dapatkan Headstart
Menurut MailChimp , rata-rata tingkat buka email turun antara 15-28%. Bandingkan dengan tingkat terbuka rata-rata 70-90% untuk Messenger Chatbot… ini sangat kontras. Anda akan berpikir bahwa rasio terbuka setinggi itu hanya bisa menjadi positif, tetapi bukan itu masalahnya. Jika tidak digunakan dengan benar, bot Facebook Messenger dapat lebih merugikan bisnis Anda daripada kebaikan.
Pengalaman buruk dengan bot Anda di Messenger dengan bisnis Anda dapat mengakibatkan kehilangan pelanggan selamanya. Anda mungkin pernah mendengar pepatah, "Pelanggan lebih cenderung memberi tahu orang lain tentang pengalaman negatif daripada pengalaman positif." Itu karena mereka berharap 100% puas sebagai pelanggan Anda. Bukan masalah besar jika Anda hanya memenuhi kebutuhan mereka, tetapi merupakan parodi jika tidak.
Dengan mengingat hal itu, ikuti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan yang diuraikan dalam pendahuluan. Dengan mengikuti pedoman tersebut… Anda akan segera memiliki kemajuan besar pada orang lain yang baru mengenal chatbots messenger. Dapatkah Anda bayangkan berapa banyak lagi penjualan yang akan Anda dapatkan dengan rata-rata rasio buka antara 70-90%? Itu BESAR! Kampanye pemasaran chatbot messenger yang baik dapat meningkatkan bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi.
Kesimpulan (Dan 2 Tips saya…)
Seperti yang saya janjikan di suatu tempat di artikel ini, saya akan memberi Anda 2 tip chatbot messenger teratas sekarang. Berikut tip # 1 sebagai permulaan, ingat, 'chatbot' ini adalah pemasaran bentuk pendek. Ini berarti Anda harus menjaga semua otomatisasi dan Arus Anda tetap singkat dan manis. Tip # 2 adalah jangan pernah mengecualikan orang sungguhan dari proses. Harus ada manusia yang siaga… untuk turun tangan saat masalah pelanggan tidak dapat diselesaikan oleh chatbot. Terkadang masalah bisa menjadi terlalu rumit untuk bot. Pada saat inilah manusia perlu terjun untuk menyelamatkan hari.