Dengan munculnya era digital, perangkat lunak rendering telah mengalami banyak perubahan. Permintaan dari pengguna perangkat lunak rendering 3D ditambah dengan kemajuan teknologi telah mempengaruhi kemajuan industri selama bertahun-tahun. Kebutuhan tersebut telah membantu industri merevolusi rendering yang seperti hidup dan realistis, sehingga menarik bagi klien yang mencari layanan tersebut.
Salah satu fitur luar biasa adalah pengaya rendering aktif yang disertakan dengan perangkat lunak. Fitur tersebut telah menyajikan beragam pilihan bagi pengguna yang terkadang membuatnya kacau untuk digunakan terutama bagi mereka yang baru mengenalnya. Desainer dan arsitek sering kali tetap menggunakan perangkat lunak rendering 3D yang mereka gunakan saat di sekolah dan memperbarui pengetahuan mereka dengan versi perangkat lunak yang diperbarui.
Namun demikian, Anda mungkin baru mengenal industri ini atau hanya ingin memperluas pengetahuan teknologi / perangkat lunak Anda ke ketinggian visualisasi baru. Sangat penting untuk mempersempit pencarian Anda ke apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
Berikut adalah kumpulan perangkat lunak rendering yang dianggap populer di industri
- V-Ray
Software rendering V-Ray 3D dianggap sebagai top tier oleh sebagian besar penggunanya. Ini dikembangkan oleh Chaos Group untuk memberi Anda fitur visualisasi paling realistis. Versi terbarunya (VRay 3.6) diluncurkan pada akhir 2017 dengan peningkatan yang membuat pendahulunya (versi 3.4 dan 3.5) terlihat inferior. Peningkatan tersebut didasarkan pada kualitas visualisasi realistis dan kecepatan rendering.
Tekstur akhir yang dimuat sebelumnya seperti rambut, bulu, dan waktu rendering potongan rumput hampir 50% membuat total waktu rendering lebih cepat. Algoritma lampu adaptif adalah salah satu efek lensa yang dipercepat yang disempurnakan dalam VRay. Ini memungkinkan Anda menyesuaikan silau dan mekar cahaya yang akan membuat hasil akhir Anda realistis. Jika tidak, ini kompatibel dengan berbagai plug-in seperti Cinema 4D, Autodesk Revit, 3DS Max dan Google Sketch-up.
Sebuah tinjauan dari sebagian besar pengguna menunjukkan bahwa mesin tersebut berisi berbagai macam opsi yang dapat membuatnya sulit untuk digunakan. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah dengan menggunakan tutorial online untuk belajar.
- Maxwell Render
Next Limit Technologies mengembangkan Maxwell di Madrid, Spanyol. Anda mungkin pernah mendengar bahwa ini terlalu lambat untuk rendering gambar. Mungkin benar karena butuh waktu lama untuk membuat visual yang luar biasa tajam dan realistis. Perangkat lunak rendering menggunakan mesin pencahayaan unik yang disebut "rendering tidak bias" yang bertanggung jawab untuk menggunakan teknik pemodelan kehidupan nyata, tidak seperti perangkat lunak rendering lain yang menggunakan trik dan pintasan serta menghasilkan gambar berkualitas lebih sedikit.
Pengorbanan dalam gambar berkualitas terbaik adalah waktu rendering yang lama yang dibutuhkan mesin. Mengapa tidak bersabar untuk mendapatkan gambar dengan kualitas terbaik? Selain itu, mengapa tidak menunggu kehebatan? Perangkat lunak yang berdiri sendiri sebagian besar digunakan dalam industri film dan animasi.
- Render Oktan
Octane Render adalah pendatang baru di industri ini dan memiliki beberapa trik di atas lengan bajunya. Dikembangkan oleh Refractive Software Ltd dan OTOY, ini diklasifikasikan sebagai aplikasi rendering 3D yang tidak bias dalam waktu nyata; ini adalah perender tidak bias pertama yang tersedia secara komersial yang bekerja pada Graphics Processing Unit (GPU). Atribut ini membantu mesin render menggunakan kekuatan kartu grafis Anda untuk memfasilitasi sebagian besar kalkulasi rendernya. Jadi, semakin baik kartu grafis Anda, semakin baik kecepatan renderingnya.
Sebaliknya, Octane tidak memiliki banyak sumber daya seperti VRay dan Mental Ray, tetapi ketergantungan uniknya pada GPU membuatnya memenuhi syarat untuk menjadi salah satu perangkat lunak rendering populer. Karena ini baru dalam permainan, Anda mungkin tidak menemukan banyak video tutorial online, dan kekurangannya yang paling signifikan adalah ini hanya akan bekerja dengan kartu NVIDIA. Maaf pengguna kartu ATI.
- Bioskop 4D
Cinema 4D menghadirkan sesuatu yang berbeda. Ini bukan hanya perangkat lunak rendering 3D tetapi juga mencakup kemampuan animasi dan grafik gerak. MAXON Computer GmbH mengembangkan aplikasinya di Jerman. Ia mampu untuk aplikasi pemodelan 3D yang khas dan keuntungan tambahan dari pemodelan prosedural dan poligonal / subd (permukaan subdivisi Catmull-Clark).
Cinema 4D berfungsi sebagai add-on ArchiCAD atau Vectorworks terbaik, terutama jika Anda adalah seorang arsitek di baris untuk pembangkangan dalam mempertahankan oleh ArchiCAD. Program bekerja dengan mulus.
- Modo
Modo membuat nama dalam daftar utama di antara raksasa rendering terkenal seperti Mental Ray dan VRay karena kebajikannya. Itu membuat daftar karena kemampuannya untuk membuat model dan merender dari aplikasi yang sama. Tidak ada lagi impor atau ekspor yang merepotkan yang mengharuskan Anda beralih di antara bagian yang berbeda dari perangkat lunak rendering yang sama.
Dari semua penyaji dengan kemampuan pratinjau, Modo memimpin hari dengan waktu pemrosesan tercepat. Ini memberikan pemandangan realistis yang cepat dan berkualitas, tidak seperti mesin lain yang mengorbankan kualitas sambil memberi Anda pratinjau. Kelemahan utamanya adalah tidak memiliki terlalu banyak fitur kontrol.
- 3DS Max
3DS Max sebelumnya dikenal sebagai 3D Studio dan Studio Max. Perangkat lunak ini dikembangkan dan diproduksi oleh Autodesk Media and Entertainment. Ini mungkin tidak selalu menjadi perangkat lunak rendering yang paling terkenal tetapi tentu saja mendapatkan tempatnya di antara yang paling populer. 3DS Max juga dilengkapi dengan perender onboard yang dapat bekerja dengan perangkat lunak pemodelan 3D. Ini berinteraksi dengan baik dengan AutoCAD dan Revit, yang merupakan produk Autodesk.
Perhatikan bahwa Revit juga memiliki kemampuan rendering tetapi terbatas dalam hasil dan fleksibilitasnya. Di sinilah 3D menghemat hari dengan memungkinkan impor dan secara memuaskan memanipulasi tekstur secara intuitif untuk membuat visual dengan kualitas terbaik.
- Honorable Mention: Mental Ray (pengembangan dihentikan)
Dikembangkan oleh Mental Images (dimiliki oleh pembuat kartu grafis NVIDIA yang terkenal), Mental Ray mendapatkan perbandingan yang paling dekat dengan V-Ray dari sebagian besar penggunanya dalam hal kualitas gambar render menuju efek realistis. Meskipun preferensi pribadi antara kedua mesin mungkin berbeda, yang jelas adalah bahwa Mental Ray adalah mesin rendering yang lebih bersahabat. Ini mungkin tidak cocok dengan tingkat realisme yang mampu dimiliki oleh V-Ray, tetapi kesederhanaannya untuk digunakan membuatnya layak untuk dianggap sebagai penyaji papan atas.
Dikembangkan pada tahun 2007, tujuan utamanya adalah menghasilkan mesin rendering universal yang dapat digunakan oleh desainer, arsitek, dan seniman. Kegunaannya terutama dipatok pada keserbagunaan dan kemudahan penggunaan yang sangat menguntungkan bagi arsitek. Ada banyak hal yang harus dipelajari tentang perangkat lunak rendering apa pun, tetapi Mental Ray berfungsi ganda sebagai yang terbaik untuk pengguna pertama kali.
Kami berharap artikel kami akan membantu Anda memilih perangkat lunak rendering terbaik yang cocok untuk Anda.